referal

Baca Qur'an

Monday, December 6, 2010

4 Visi Rumah Tangga Sakinah Mawadda wa Rahmah

Rumah Tangga Sebagai Pusat Ketentraman Batin & Ketenangan Jiwa


Seharusnya rumah tangga itu dapat menjadi pangkalan ketentraman batin dan pangkalan ketenangan jiwa.Sehingga ketika suami sudah berlumur keringat,bersimbuh peluh,bekerja dengan keras ,ia akan selalu merindukan untuk pulang kerumah.Karena rumah tangga adalah sumber ketenangan dan ketentraman yang tidak akan diperoleh dalam hiruk pikuknya kehidupan sehari hari.Demikian pula sepatutnya seorang anak begitu merindu untuk pulang kerumah karena disana akan ia dapati ibu dan ayah yang bagaikan air pelepas haus dikala dahaga. Sepatutnya pula seorang istri selalu merasa aman ,nyaman dan tentram berada untukmenikmati perjumpaan dengan suami serta anak-anaknya,sehingga semua anggota keluarga sepakat menjadikan rumah sebagai pusat ketentraman batin dan ketenangan jiwa. Namun kenyataan yang dapat Qt saksikan dikiri kanan ,tidak sedikit suami yang enggan pulang kerumahnya,hanya karena setiap memasuki rumah yang dirasakannya adalah ketidaknyamanan lantaran sikap istri dan anak anaknya,bayangkan akan pulang kemana lagi seorang suami bila ia tidak mendapatkan ketentraman dirumahnya sendiri. Demikian pula dapat kita saksikan bagaiman anak anak yang banyak berkreluyuran ,enggan pulang kerumah hanya karena mereka tidak mendapatkan ketentraman berada dirumah.Bahkan ad juga istri istri yang lebih sibuk mengutamakan aktivitas luar ,disebabkan karena tidak bisa juga merasakan serta mendapatan kenyamanan dan ketentraman hati dirumah yang ia urus.
Mengapa semua otu dapat terjadi....? padahal kalu diperhatikan rumah sudah lapang ,hartanya sidah banyak,kedudukan penghuni rumahnya begitu tinggi ,mengapa ....?sebab ketentraman dan ketenangan jiwa itu hanya akan ditemui dengan satu satunya jalan"Alaa bi dzikrillahi tathmainnul quluub"( QS.Ar ra'd 13:28) camkan,hati hanya kan tenang tentetram jikalau ingat kepadaAllah.
Dengan kata lain,rumah tangga yang dibangun tanpa mengingatAllah,tidak taat kepada Allah,tidak mengenal Allah,maka demi Allahsehebat apapun harta yang ada,setinggi apapun kekuatan anggota keluarganya,semelimpah apapun kekayaan mereka,sehebat apapun kekuasaanya,tidak akan pernah bisa membeli ketentraman jiwa.karena dunia berikut isinya tidak pernah cocok dengan hati,dia hanya cocok untuk kebutuhan lahiriah belaka.
Oleh karena itu,rumah tangga yang penuh barokah itu adalah rumah tangga yang tujuannya adalah Allah SWT. Yang sehari harinya diisi dengan kesungguhan mendekat kepada Allah dan dia nafkahkan dijalan Allah,yang rumahnya disukai oleh Allah yang isinya tidak membuat murka Allah,rumah tangga yang menjadikanAllah sebagai tujuan,pegangan pergantungan hidupnya dan dibuktikan dengan ketaatan,inilah rumah tangga yang benar benar akan merasakan ketentraman.
Maaf wahai saudara saudaraku,saya berani bersumpah,demiAllah,tidak akan pernah tenbang tentram siapapun termasuk yang berumah tangga ,yang tidak menjadikan anggota keluarganya untuk bersungguh sungguh taa dan mendekat kepada Allah SWT.
Ingat jangan sampai kita terkecoh,hidup ini milik Allah,Dialah yang menguasai semua jalan kebahagiaan dan semua jalan kebaikan,dunia itu tertutup kecuali bagi orang orang yang selalu berusaha mendekat dan taat pada-Nya.
Untuk itu,pastikan rumah tangga kita menjadi rumah tangga yang ahli sujud,rumah tangga yang ahli taat,rumah tangga yang menghiasi dirinya dengan dzikrullah,dan rumah tangga yang selalu rindu untuk mengutuhkan kemuliaan hidup didunia terutama mengutuhkan kemuliaan dihadapan Alloh SWT kelak disurga.Amin yaa Rabbal'alamiin.

sumber :

No comments: